Info Game Genres (SUB Genre)


Dipostingan sebelumnya tentang Game Genres, TS membahas tentang Genre-genre game secara umum (TS membahas tentang MAIN GENRES), Sobat dapat mengunjungi postingan itu jika tertarik,Game Genres. Kali ini kita akan membahas tentang Sub Genres. dalam dunia "Video Games' genre merupakan salah satu identitas suatu game, dan menjadi panduan bagi peminatnya dalam menentukan game seperti apa yang ingin saya mainkan, atau game apa yang cocok dengan kepribadian atau kesukaan kita, misalanya TS, menyukai game dengan ada fitur Survival, Colony, Base building, crafting, Zombie, skill/character development. Nah fitur-fitur ternyata merupakan beberapa identitas dari genre game itu sendiri. 
Sebelumnya kita membahas tentang Main genres, sebagai informasi, TS akan sebutkan kembali main genres itu. Apa saja Main Genres itu?
  • ACTION (game dengan genre ini berfokus terhadap mekanisme dan fitur, movement, accuracy, Quick decision, Timing, dan lain sebagainya. sebagai contoh, gaame Subsistence merupakan kategori Action game).
  • ADVENTURE (Game dimana pemain fokus terhadap suatu hero/protagonist dalam suatu cerita fiktif guna menyelesaikan suatu masalah, misteri ataupun teka-teki, Find and Click merupakan salag satu fitur game ini, contohnya adalah game Murder Case di facebook).
  • ACTION-ADVENTURE (Sesuai dengan namanya, Game dengan genre ini merupakan penggabungan antara genre Action dan Adventure).
  • ROLE PLAYING/RPG (Game yang berfokus terhadap pengendalian suatu hero oleh pemain, atau beberapa hero NPS, genre ini memiliki fitur berupa Character Development, Leveling, Skills, Upgrade weapon atau Armor. Salah satu contoh game ini adalah DUNGEON SIEGE all Series)
  • SIMULATION (Merupakan genre yang dirancang untuk mensimulasikan aktifitas seperti di dunia nyata, Misalnya adalah Transport Giant)
  • STRATEGY (game ini berfokus terhadap ketrampilan pemain dalam hal strategi, skills, taktik, posisi, dalam meraih kemenangan, Contoh game dengan genre ini adalah Cossack, Empire Earth, Series, Civilization Series)
  • MMO (Atau Massively Multiplayer Online, merupakan game online yang dimainkan oleh banyak orang secara bersamaan pada waktu yang sama 'server time' boleh dimainkan khusus oleh suatu daerah, negara, ataupun internasional, yang menyediakan fitur-fitur dalam genre game lainnnya, misalnya RPG, Action, dan genre lainnya. salah satu contohnya adalah Blade and Soul)
Sub genre merupakan genre-genre kecil dalam Main Genre. Dalam teknisnya setiap game, tidak selalu hanya memiliki satu fitur genre dalam permainan tersebut, melainkan merupakan penggabungan dari beberapa fitur yang ada pada Main Genre lainnya. Selain dari Permintaan konsumen/pemain itu sendiri, hal ini juga didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin maju. lalu, Apa saja sih Sub Genre itu?
  • Genre Action, Game dengan genre ini memiliki Sub genre yaitu:
  1. Fighting
  2. Shooter 
  3. Survival
  4. Stealth
  5. Platform
  •  Genre Adventure, Game dengan genre ini memiliki Sub Genre yaitu:
  1. Text Adventure
  2. Graphic Adventure
  3. Visual Novel
  4. Interactive Movie
  5. Real time 3D-Adventure
  • Genre Action Adventure, Game ini memiliki Sub Genre:
  1. Survival Horror
  2. Metroidvania
  • Genre Role Playing, Memiliki Sub genre sebagai berikut:
  1. Action RPG
  2. MMORPG
  3. Roguelikes
  4. Tactical RPG
  5. Sandbox RPG
  6. First person party Based RPG
  7. Cultural Differences
  8. Choices
  9. Fantasy
  • Genre Simulation, memiliki Sub genre:
  1. Construction and management Simulation
  2. Life simulation
  3. Vehicle Simulation
  4. Sport 
  • Genre Staretgy
  1. 4X game
  2. Artillery game
  3. Real time strategy (RTS)
  4. Real time tactic (RTT)
  5. Multiplayer online battle arena (MOBA)
  6. Tower Defence
  7. Turn based strategy (TBS)
  8. turn based tactic (TBT)
  9. Wargame
  10. Grand Strategy Wargame
  • Genre MMO, untuk MMO genre yang diadaptasi beragam, dari mulai, card (turn based), RPG, Action, Strategy, dan bahkan Simulation.
Untuk penjelasan mengenai Sub genre, TS InsyaAllah akan membahasanya pada kesempatan lainnya. Sekian, mudah-mudahan bermanfaat^^.

Deni R. Yuniar






No comments