Cara instal MODS (contoh Game RIMWORLD)


Di postingan sebelumnya tentang RIMWORLD, sobat dapat melihatnya disini
TS mengatakan tentang MODS di game RIMWORLD. Kali ini akan TS bahas tentang MODS wajib atau sangat dianjurkan dan MODS tambahan dan MODS yang TS sarankan beserta cara menginstalnya.

Sebelumnya untuk sobat yang penasaran, apa sih MODS, TS pernah membahasnya, sobat dapat melihat postingan tentang MODS sebagai bahan baacaan/referensi.Dipostingan tersebut, TS pernah mengatakan bahwa pada pelaksanaannya, tidak semua MODS kompatibel dengan jenis OS dan atau versi dari game tersebut. artinya sobat harus memperhatikan MODS tersebut untuk OS apa, dan kompatibel tidak dengan versi game sobat. jadi pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang cara menginstal Mod. Dalam kasus ini, TS akan memberikan contoh dengan menggunakan game RIMWORLD. Trik ini juga dapat digunakan di games lainnya yang emmiliki fitur Mods. Perbedaannya hanya dari tempat instalasi/tempat dimana sobat menyimpan MODS tersebut. 
Langkah-langkah seperti apa yang harus dilakukan untuk menginstal MODS pada game RIMWORLD?
Langsung saja, pada game RIMWORLD, Langkah yang harus dilakukan adalah:
  1. Download mods untuk game RIMWORLD, sobat dapat mendapatkannya disini, atau dapat menggunakan MODS yang TS pakai (untuk sekarang TS belum dapat memberikan linknya)
  2. Perhatikan versi dari game RIMWORLD sobat, saat ini TS memainkan game tersebut dengan versi RimWorld.Alpha.17.v0.17.1557.rev1150.
  3. Setelah sobat mengetahui versi game sobat, kemudian mendapatkan MODS yang sesuai, buka file yang sobat download tadi, kemudian extract/ektrak, boleh pake winrar.
  4. Kemudian pilih tempat ekstrak file tersebut ke drive->rimworld->Mods. klik oke untuk semuanya termasuk overwrite jika ada.
  5. setelah semua mods yang sobat inginkan diintal, langkah selanjutnya soba buka/mainkan game rimworld. Pada menu utama, klik toolbar mods, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini
  6. dalam tampilan itu, sobat dapat melihat MODS apa saja yang sudah sobat instal tadi. pada kondisi defaultnya, mods yang sudah terinstal, belum dapat dinikmati dalam game/belum sepenuhnya dapat digunakan. sobat dapat melihatnya dari simbol X berwarna merah.
  7. Untuk mengaktifkannya, sobat tinggal mengklik icon X tadi, maka akan otomatis berubah menjadi simbol checklist dan warnanya pun berubah menjadi hijau.
  8. pada saat sobat mau menginstal MODS harap dibaca sarat dan ketentuannya. ada beberapa MODS yang menyaratakan mods tertentu supaya dapat dimainkan, atau tata cara penempatannya.
  9. penempatan mods dengan prioritas paling tinggi adalah di atas. sobat dapat men-drag-nya dalam tampilan mods tersebut.
  10. jika sobat ternyata telah menginstal mods yang sobat tidak suka, sobat hanya tinggal mencentang kembali mods yang diinstal tadi, maka mods akan berubah ke menu offline (tak di implementasikan) dan simbolnya pun akan berubah menjadi X berwarna merah kembali.
  11. sebagai bahan referensi, sobat dapat melihat MODS yang TS pakai. Sejauh ini belum ada error, artinya semua mods yang TS instal kompatibel dengan mods lainnya.


Jika sobat bermain melalui steam, sobat dapat langsung ingame klik steam workshop, disana banyak komunitas rimworld berbagi mods via steam.  Kalau sobat bermain tanpa steam (online) seperti TS, sobat dapat langsung mengunjungi situs ini.

Banyak mods tidaklah berartie banyak fitur. Ingat sesuaikan mods dengan game Supaya kompatibel, tidak membuat masalah dan tidak mengurangi tingkat challenge di game nanti. Kalau nanti setelah diinstal mods malah mengurangi tantangan di game yang membuat sobat jadi malas bermain karena terlalu mudah, mending jangan di install saja.

Itulah cara instal mods di game rimworld, mudah-mudahan dapat membantu.



Salam hormat


Deni R. Yuniar


No comments