Info Game Sheltered



Halo sobat gamers, Kali ini TS akan membagikan informasi mengenai Game:
SHELTERED
Shetlered adalah sebuah permaianan survival berlatar belakang post-apocalyptic world/ dunia setelah kehancurannya (misalnya virus outbreak atau nuklir). Nah di game ini, Sobat akan dibawa ke dalam dunia  dimana tempat yang paling aman adalah di bawah tanah. Dengan membuat Shelter di dalam tanah, sobat memainkan satu keluarga yang terdiri atas 2 orang tua yang dapat sobat pilih/customize termasuk nama dan traits-nya, serta 2 orang anak dan juga Pet.
Di dalam permaianan ini kita akan di ajak untuk bertahan hidup dikondisi bumi yang sudah hancur dengan hidup di bawah tanah. Seperti bagaimana caranya memperoleh air dari menampung air hujan asam yang berbahaya dengan penyaring, ataupun penyaringan udara dari luar yang penuh dengan debu dan bahan berbahaya lainnya untuk dapat sobat gunakan/hirup di dalam shelter. Seiring dengan Survivenya kita dan mulai Familiar dengan game mekaniknya, kita akan belajar bagaimana menggunakan option "RESEARCH" untuk lebih menunjang kita dalam bertahan hidup. Seperti halnya mengupgrade filter/penyaringan air dan udara, supaya lebih kuat dan tahan lama, memperbesar tempat penampungan air, dan makanan, serta kita dapat bertanam sendiri di dalam shelter bunker kita. 
Sebelum itu, awal-awal kita memainkan permainan, kita sudah diberikan perbekalan dasar termasuk dengan upgrade dasar/tier 1. Pengalaman TS, yang harus pertama kali di upgrade adalah tempat penampungan aair hujan, sebab terkadang hujan sangat lama sekali untuk turun kembali, jadi kalau air kita sedikit, ya mati karena kehausan. Air sangatlah vital, selain dibutuhkan untuk minum, bekal untuk ekplorasi, juga dibutuhkan untuk mandi, dan buang kotoran, so, prepare pokoknya. Selanjutnya sobat dapat membuat tempat tidur, tempat mandi dan  tempat BAB serta membuat BAG/INVENTORY, agar saat sobat Scavenging/mencari bahan dan barang, sobat dapat membawa banyak hasil Scavenging tadi.
Tak hanya itu, game ini, juga menghadirkan menu trade dengan NPC, sobat dapat menghubungi mereka lewat intercom, dan atau kalau ada mereka yang datang ke shelter kita terus ada barang yang kita inginkan, kita dapat membarternya, ataupun barang yang sobat tidak inginkan dapat dijual ke bahan lainnya. Nah enaknya juga ada fitur survivor yang dapat di rekrut, entah mereka yang meminta direkrut, atau sobat dapat merekrut mereka sendiri via intercom.
Dalam game ini juga ada mekanisme petarungan yang turn based type. Skenario sobat bertarung adalah apabila Shelter bunker sobat di raid atau ketika sobat bertemu dalam penjelajahan untuk mengumpulkan barang. Nah fitur explore/mengekplorasi ini yang bikin TS seneng, dalam penjelajahan ini, kita dapat menentukan area/daerah mana yang akan kita jelajahi. Setiap region dan tempat memiliki barang yang berbeda pula, misalnya kalau rumah, umumnya barang yang dapat kita dapatkan adalah makanan, benang, beberapa alat elektronik. sedangkan junkyard, atau tempat pembuangan, kita bisa mendapatkan spareparts untuk kendaraan kita.

DID I SAY VEHICLE?
Yes, ^^, game ini juga ditunjang dengan kendaraan tipe RV yang sudah ada di atas shelter/bunker sobat, tetapi sobat tidak dapat menggunakannya sebelum sparepartsnya ditemukan. Beberapa sparepartsnya adalah 4 buah ban, mesin, tali kipas, busi, dan lain sebagainya. Dalam mode Ekplorasi ini, tentu sobat dapat memilih siapa yang akan sobat tugaskan untuk ekplorasi, minimal adalah satu orang, TS biasanya minimal 2, biar pas ketemu NPC lain yang jahat, ada temennya. Selain itu, Sobat juga dapat mempersenjatai Survivors yang sobat kirim tadi untuk ekplorasi dengan senjata, dan sobat juga dapat membawa PET yang dapat dibawa tentunya misalnya anjing, kucing, dan kuda, dan ini memberi nilai plus terhadap ruang inventori. Hal yang wajib dibawa pada saat ekplorasi adalah gas mask. ini sangat wajib, sebab udara di luar shelter sobat sudah sangat berbahaya.  Kemudian sobat dapat membawa inventori tambahan, dan minuman/air sebagai bekal. Jauh atau dekatnya area yang akan sobat ekplorasi berhubungan dengan air yang akan sobat bawa sebagai bekal, semakin jauh daerah/tujuan, maka air yang harus dibawa juga semakin banyak. Dan kerennya lagi, sobat dapat berpindah ke map lain tentunya membikin shelter baru dari awal asalkan syartnya terpenuhi, misalnya RV (kendaraan) sudah lengkap sparepartnya, dan ada quest tentang itu, asyik kan?
So, selain itu, fitu-fitur yang ada di game ini adalah:
  • Membuat shelter yang dapat sobat Customize kan
  • Crafting
  • Ekplorasi
  • Recruitment/ mode merekrut NPC supaya jadi family/keluarga sobat
  • Pets
  • Combat (turn based)
  • Vehicle
  • RPG mekanik
  • Farming
  • Scavenging
  • dan masih banyak lainnya.
SYSTEM REQUIREMENTS
  • OS Windows XP (minimum)
  • Processor Dual Core
  • Memory 1 GB
  • Direct X versi 9
  • Graphics Geforce 7800, AMD HD 4600, Intel HD grafik 3000 atau lebih tingginya dari itu
  • Soundcard Windows Compatible
So tunggu apa lagi, jika sobat tertarik dengan game Survival, barangkali game sheltered dapat menjadi pilihan sobat. Jika Sobat tertarik dengan gam eini, sobat dapat mengunjungi situs resminya, ataupun melalui Steam.

Sekian, terima kasih.


Deni R. Yuniar

No comments