Info MODS


Dalam dunia Game, khususnya PC (Portable Computer) game, banyak istilah yang sering digunakan, dan tak jarang untuk kita orang Indonesia yang mana bahasa Inggris bukan bahasa ibu, sedikit membuat bingung terkadang keliru dalam makna dan penggunaannya. Nah MOD (tunggal) atau MODS (jamak) Nah kali ini kita akan membahas tentang MODS.
  1. Apa itu MODS? MOD/MODS itu apa sih?
MOD (short for "modification") is an alteration that changes some aspect of a video game, such as how it looks or behaves. Mods may range from small changes and tweaks to complete overhauls, and can extend the replay value and interest of the game.
Istilah MOD tidak jauh berbeda dengan istilah , ADD-ON, DLC, dan Expansion pack. Perbedaannya terletak pada dua hal
  1. Developer (official)
  2. non-Developer/user
Maksudnya apa sih?Oke kita bahas dulu pengertian dari MOD/MODS. MODS asal katanya dari kata Modifikasi, adalah perubahan yang merubah beberapa aspek permainan (game) seperti tampilan, ataupun beberapa perilaku dalam permainan itu sendiri. Modifikasi ini mungkin dalam skala kecil ataupun benar-benar merubah semuanya (skala besar) dan dapat memperpanjang, menarik pemain karena berdampak terhadap terhadap permainan yang membuat game tersebut menjadi lebih menarik dan membuat user juga ingin memainkannya lagi/menambah nilai jual dalam permainan dan keinginan untuk memainkannya.
Sejarah tentang MODS dan penggunaannya dimulai sejak tahun 1980, salah satu tujuannya adalah seni, untuk menambah nilai lain dalam permainan, dan lain sebagainya. meskipun demikian, ternyata tak sedikit dari MODS ini yang beberapa menjadi kontroversi, misalnya MODS dalam minecraft, yang untuk beberapa kasus dianggap melanggar hak cipta, karena dikeluarkan bukan oleh developer dan tanpa meminta ijin atau ada persetujuan. 
Istilah ADD-ON sebetulnya adalah small modification atau MODS kecil, jadi kalau anak jaman 90-an yang dulu mau ngegame musti instal pakai CD room atau DVD room pasti tahu lah (jaman internet masih susah), ada istilah ADD-ON. nah karena jaman sudah berubah juga, akses internet semakin merajela wkwkwkw^^, hal seperti itu jarang kita dengar lagi.
Pada perjalanannya, Istilah MODS sekarang sering disematkan kepada non developer (non-official) artinya kebanyakan MODS sering dikeluarkan oleh FANS/pemain yang memiliki kemampuan dalam ya minimal pembuatan game atau ilmunya. meskipun demikian tak sedikit Developer yang open atau tidak melarang adanya MODS, malah menyemangatinya dengan maksud untuk bahan referensi kedepannya tentang kekurangan dan kelebihan suatu game, misalnya yang TS tahu adalah RIMWORLD (RIMWORLD on Steam) dan PROJECT ZOMBOID. TS pernah membahas masalah game RIMWORLD tersebut, sobat dapat melihatnya disini kalau tertarik.
Nah sekarang sekarang seenggak-enggaknya Sobat dah dapat dong sedikit pencerahan tentang MODS itu apa, hehe, mudah-mudahan. Tetapi pada pelaksanaannya tidak semua MODS compatible dengan suatu game, entah karena beda OS (Operation System) ataupun beda versi dari game tersebut. 
KESIMPULAN
  1. MODS dari kata modifikasi adalah suatu bentuk penambahan dalam suatu game (originalnya) yang mana penambahan tersebut dapat berskala kecil atau besar, perubahan itu dapat merubah aspek permainan (game) itu sendiri, misalnya tampilan (warnannya), penbambahan beberapa aspek misalnya banyaknya jenis tumbuhan dalam game RIMWORLD, jenis senjata, dan lain sebagainya.
REFERENSI
1
2
3
4
5
Terima kasih


Deni R. Yuniar



No comments